Home » » bab 3.1

bab 3.1

Written By Unknown on Woensdag 27 September 2017 | 06:52

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP NEGERI I LABUHAN DELI
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IX/ganjil
Materi Pembelajaran            : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu                       : 10 JP
A.  Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
3.1  Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
4.1  Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia.
3.1.2.      Menjelaskan  fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3.      Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4.      Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5.      Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6.      Menjelaskan cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1        Menunjukkan gambar penyakit menular seksual
4.1.2        Melakukan upaya pencegahan penyakit menular seksual
D.    TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia
2. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati  charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem  reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
      6.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
      penyakit pada system reproduksi.
      7.Melalui diskusi dan kerja kelompok siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
       menular seksual.
      8.Melalui kerja proyek dengan membuat slogan siswa dapat Melakukan upaya
       pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi Pembelajaran
-          Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
       - Pembelahan sel
       - Sistem reproduksi manusia
       - Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
           - Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
     -    Pengayaan
           kelahiran Kembar

     -   Remedial
         -Pengulangan kembali materi regular
E.  Metode  Pembelajaran
1.         Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
2.         Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah

F. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.      Pertemuna Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.      Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

c.       Pertemuan Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d.      Pertemuan Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.      Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-          Motivasi :Bagaimana cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Peserta didik menanyakan tentang  charta sistem reproduksi pada manusia
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik mencari literature tentang sistem  reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-          Peserta didik berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok  secara individu
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Kedua :  (3 Jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
-          Apersepsi :Sebutkan alat reproduksi pada manusia?
-          Motivasi :Guru menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi pada manusia.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Apakah kita harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik membaca literatur tentang organ  reproduksi pada manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-          Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-          Secara individu peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c.       Penutup (20 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Ketiga: (2 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-          Apersepsi :Bagaimana cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-          Motivasi :Apa yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya :
-          Mengapa bisa terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Melalui literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-          Peserta didik berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-          Apersepsi :Apa saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-          Motivasi : Menayangkan video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya :
-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar / Mengasosiasi :
-          Peserta didik berdiskusi tentang  cara mencegah penyakit menular seksual.
Mengkomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat kesehatan.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.


-Remedial

-          Bagi   Peserta   Didik   yang   belum   mencapai    KKM     diberi  remedial   yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.   Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis,   menemukan       penyebab     kesulitan  belajar   dan  topik-topik    yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana   kegiatan   yang   telah   ditetapkan.  Misalnya    banyak   melakukan praktik   atau   demonstrasi,   tutor   sebaya,   diskusi   kelompok.  
-          -Pengayaan
       Melakukan pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar yang lain seperti media massa, internet, dl
G.    Penilaian
1.      Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Instrumen
Bentuk Instrumen
Sikap
Observasi
Lembar Observasi
Rubrik Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis
Lembar tes tulis
Uraian





2.      Instrumen penilaian
a.      Pertemuan pertama
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Jujur

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
SB
B
C
K
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




Ket :SB=  Sangat baik        B =  Baik         C = Cukup       K            = Kurang
   b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian
1.      Terdiri dari organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.      Tuliskan fungsi dari :
a.       Testis         : Penghasil sperma
b.      Epididinis  : tempat penyimpanan sel sperma
c.       Ovarium    : penghasil sel telur
3.      Apa perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis          : proses  pembentukan sel sperma
Oogenesis                    : proses pembemtukan sel telur

b.      Pertemuan Kedua
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrumen     : Rubrik penilaian Sikap tanggung jawab

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam





             b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian

1.      Tuliskan macam-macam  peyakit yang tidak menular pada sistem reproduksi?
Jawab : kista, kanker postat, kelenjar postat
2.        Bagaimana cara menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø  Selalu membersihkan organ reproduksi secara  rutin.
Ø  Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø  Mengganti pakaian dalam.


c.       Pertemuan Ketiga
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik penilaian Rasa Ingin Tahu
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menayakan konsep-konsep yang belum tahu




3
Serius dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan




4
Menanggapi pendapat dari temannya




Ket :
SB       =  Sangat baik                         B=  Baik
C         = Cukup                                  K= Kurang

b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      AIDS di sebabkan oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan seksual dan trasfusi
darah.
2.        Sebutkan 3 gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø  Timbul luka pada alat kelamin.
Ø  Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh.
Ø  Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan kaki 
d.      Pertemuan Keempat
a). Sikap
Teknik penilaian       : Portofolio
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri




Ket :
SB       =  Sangat baik         B =  Baik          C= Cukup       K= Kurang
b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tertulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      Jelaskan 2 macam penyakit menular seksual
Jawab :
-          AIDS penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-          Sifilis di sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak sakit  pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Melengkapi komponen laporan: Judul,  data,  Kesimpulan, dan Daftar Pustaka



2
Penyajian Data kurang sempurna dan kurang relevan.



3
Menyerahkan laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.



Jumlah Skor yang Diperoleh


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP NEGERI I LABUHAN DELI
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IX/ganjil
Materi Pembelajaran            : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu                       : 10 JP
A.  Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
3.1  Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
4.1  Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia.
3.1.2.      Menjelaskan  fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3.      Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4.      Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5.      Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6.      Menjelaskan cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1        Menunjukkan gambar penyakit menular seksual
4.1.2        Melakukan upaya pencegahan penyakit menular seksual
D.    TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia
2. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati  charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem  reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
      6.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
      penyakit pada system reproduksi.
      7.Melalui diskusi dan kerja kelompok siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
       menular seksual.
      8.Melalui kerja proyek dengan membuat slogan siswa dapat Melakukan upaya
       pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi Pembelajaran
-          Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
       - Pembelahan sel
       - Sistem reproduksi manusia
       - Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
           - Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
     -    Pengayaan
           kelahiran Kembar

     -   Remedial
         -Pengulangan kembali materi regular
E.  Metode  Pembelajaran
1.         Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
2.         Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah

F. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.      Pertemuna Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.      Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

c.       Pertemuan Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d.      Pertemuan Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.      Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-          Motivasi :Bagaimana cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Peserta didik menanyakan tentang  charta sistem reproduksi pada manusia
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik mencari literature tentang sistem  reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-          Peserta didik berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok  secara individu
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Kedua :  (3 Jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
-          Apersepsi :Sebutkan alat reproduksi pada manusia?
-          Motivasi :Guru menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi pada manusia.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Apakah kita harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik membaca literatur tentang organ  reproduksi pada manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-          Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-          Secara individu peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c.       Penutup (20 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Ketiga: (2 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-          Apersepsi :Bagaimana cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-          Motivasi :Apa yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya :
-          Mengapa bisa terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Melalui literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-          Peserta didik berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-          Apersepsi :Apa saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-          Motivasi : Menayangkan video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya :
-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar / Mengasosiasi :
-          Peserta didik berdiskusi tentang  cara mencegah penyakit menular seksual.
Mengkomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat kesehatan.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.


-Remedial

-          Bagi   Peserta   Didik   yang   belum   mencapai    KKM     diberi  remedial   yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.   Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis,   menemukan       penyebab     kesulitan  belajar   dan  topik-topik    yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana   kegiatan   yang   telah   ditetapkan.  Misalnya    banyak   melakukan praktik   atau   demonstrasi,   tutor   sebaya,   diskusi   kelompok.  
-          -Pengayaan
       Melakukan pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar yang lain seperti media massa, internet, dl
G.    Penilaian
1.      Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Instrumen
Bentuk Instrumen
Sikap
Observasi
Lembar Observasi
Rubrik Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis
Lembar tes tulis
Uraian





2.      Instrumen penilaian
a.      Pertemuan pertama
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Jujur

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
SB
B
C
K
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




Ket :SB=  Sangat baik        B =  Baik         C = Cukup       K            = Kurang
   b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian
1.      Terdiri dari organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.      Tuliskan fungsi dari :
a.       Testis         : Penghasil sperma
b.      Epididinis  : tempat penyimpanan sel sperma
c.       Ovarium    : penghasil sel telur
3.      Apa perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis          : proses  pembentukan sel sperma
Oogenesis                    : proses pembemtukan sel telur

b.      Pertemuan Kedua
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrumen     : Rubrik penilaian Sikap tanggung jawab

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam





             b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian

1.      Tuliskan macam-macam  peyakit yang tidak menular pada sistem reproduksi?
Jawab : kista, kanker postat, kelenjar postat
2.        Bagaimana cara menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø  Selalu membersihkan organ reproduksi secara  rutin.
Ø  Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø  Mengganti pakaian dalam.


c.       Pertemuan Ketiga
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik penilaian Rasa Ingin Tahu
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menayakan konsep-konsep yang belum tahu




3
Serius dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan




4
Menanggapi pendapat dari temannya




Ket :
SB       =  Sangat baik                         B=  Baik
C         = Cukup                                  K= Kurang

b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      AIDS di sebabkan oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan seksual dan trasfusi
darah.
2.        Sebutkan 3 gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø  Timbul luka pada alat kelamin.
Ø  Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh.
Ø  Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan kaki 
d.      Pertemuan Keempat
a). Sikap
Teknik penilaian       : Portofolio
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri




Ket :
SB       =  Sangat baik         B =  Baik          C= Cukup       K= Kurang
b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tertulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      Jelaskan 2 macam penyakit menular seksual
Jawab :
-          AIDS penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-          Sifilis di sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak sakit  pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Melengkapi komponen laporan: Judul,  data,  Kesimpulan, dan Daftar Pustaka



2
Penyajian Data kurang sempurna dan kurang relevan.



3
Menyerahkan laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.



Jumlah Skor yang Diperoleh






Mengetahui,                                                                             LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka. SMP N 1 Labuhan Deli                                                               Guru Bid.Studi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP NEGERI I LABUHAN DELI
Mata pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                      : IX/ganjil
Materi Pembelajaran            : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu                       : 10 JP
A.  Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
3.1  Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
4.1  Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1.      Menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia.
3.1.2.      Menjelaskan  fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3.      Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4.      Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5.      Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6.      Menjelaskan cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1        Menunjukkan gambar penyakit menular seksual
4.1.2        Melakukan upaya pencegahan penyakit menular seksual
D.    TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan struktur  alat reproduksi pada manusia
2. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati  charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem  reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
      6.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
      penyakit pada system reproduksi.
      7.Melalui diskusi dan kerja kelompok siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
       menular seksual.
      8.Melalui kerja proyek dengan membuat slogan siswa dapat Melakukan upaya
       pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi Pembelajaran
-          Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
       - Pembelahan sel
       - Sistem reproduksi manusia
       - Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
           - Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
     -    Pengayaan
           kelahiran Kembar

     -   Remedial
         -Pengulangan kembali materi regular
E.  Metode  Pembelajaran
1.         Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan presentasi
2.         Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah

F. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.      Pertemuna Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.      Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

c.       Pertemuan Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d.      Pertemuan Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan

G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.      Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-          Motivasi :Bagaimana cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Peserta didik menanyakan tentang  charta sistem reproduksi pada manusia
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik mencari literature tentang sistem  reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-          Peserta didik berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok  secara individu
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Kedua :  (3 Jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
-          Apersepsi :Sebutkan alat reproduksi pada manusia?
-          Motivasi :Guru menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi pada manusia.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya :
-          Apakah kita harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Peserta didik membaca literatur tentang organ  reproduksi pada manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-          Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-          Secara individu peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c.       Penutup (20 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Ketiga: (2 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
-          Apersepsi :Bagaimana cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-          Motivasi :Apa yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b.      Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
-          Peserta didik mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya :
-          Mengapa bisa terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan data/informasi :
-          Melalui literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-          Peserta didik berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-          Apersepsi :Apa saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-          Motivasi : Menayangkan video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b.      Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati :
-          Peserta didik mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya :
-          Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar / Mengasosiasi :
-          Peserta didik berdiskusi tentang  cara mencegah penyakit menular seksual.
Mengkomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat kesehatan.
c.       Penutup (10 menit)
-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-          Siswa dan guru merefleksikan hasil kegiatan.
-          Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-          Pemberian tugas untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.


-Remedial

-          Bagi   Peserta   Didik   yang   belum   mencapai    KKM     diberi  remedial   yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.   Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis,   menemukan       penyebab     kesulitan  belajar   dan  topik-topik    yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana   kegiatan   yang   telah   ditetapkan.  Misalnya    banyak   melakukan praktik   atau   demonstrasi,   tutor   sebaya,   diskusi   kelompok.  
-          -Pengayaan
       Melakukan pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar yang lain seperti media massa, internet, dl
G.    Penilaian
1.      Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Instrumen
Bentuk Instrumen
Sikap
Observasi
Lembar Observasi
Rubrik Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis
Lembar tes tulis
Uraian





2.      Instrumen penilaian
a.      Pertemuan pertama
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Jujur

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
SB
B
C
K
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




Ket :SB=  Sangat baik        B =  Baik         C = Cukup       K            = Kurang
   b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian
1.      Terdiri dari organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.      Tuliskan fungsi dari :
a.       Testis         : Penghasil sperma
b.      Epididinis  : tempat penyimpanan sel sperma
c.       Ovarium    : penghasil sel telur
3.      Apa perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis          : proses  pembentukan sel sperma
Oogenesis                    : proses pembemtukan sel telur

b.      Pertemuan Kedua
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrumen     : Rubrik penilaian Sikap tanggung jawab

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam





             b). Pengetahuan
Teknik penilaian                        : Tes tertulis
Instrument                      : Lembar tes tulis
Bentuk instrument         : Uraian

1.      Tuliskan macam-macam  peyakit yang tidak menular pada sistem reproduksi?
Jawab : kista, kanker postat, kelenjar postat
2.        Bagaimana cara menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø  Selalu membersihkan organ reproduksi secara  rutin.
Ø  Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø  Mengganti pakaian dalam.


c.       Pertemuan Ketiga
a). Sikap
Teknik penilaian       : Observasi
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik penilaian Rasa Ingin Tahu
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menayakan konsep-konsep yang belum tahu




3
Serius dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan




4
Menanggapi pendapat dari temannya




Ket :
SB       =  Sangat baik                         B=  Baik
C         = Cukup                                  K= Kurang

b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      AIDS di sebabkan oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan seksual dan trasfusi
darah.
2.        Sebutkan 3 gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø  Timbul luka pada alat kelamin.
Ø  Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh.
Ø  Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan kaki 
d.      Pertemuan Keempat
a). Sikap
Teknik penilaian       : Portofolio
Instrument                 : Lembar observasi
Bentuk instrument    : Rubrik Penilaian Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri




Ket :
SB       =  Sangat baik         B =  Baik          C= Cukup       K= Kurang
b). Pengetahuan
Teknik penilaian               : Tes tertulis
Instrument                        : Lembar tes tulis
Bentuk instrument           : Uraian
1.      Jelaskan 2 macam penyakit menular seksual
Jawab :
-          AIDS penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-          Sifilis di sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak sakit  pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Melengkapi komponen laporan: Judul,  data,  Kesimpulan, dan Daftar Pustaka



2
Penyajian Data kurang sempurna dan kurang relevan.



3
Menyerahkan laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.



Jumlah Skor yang Diperoleh






Mengetahui,                                                                             LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka. SMP N 1 Labuhan Deli                                                               Guru Bid.Studi

Drs Muslim Ginting                                                                Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip. 196711111998011002                                                    Nip.197209232005022003


  
Drs Muslim Ginting                                                                Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip. 196711111998011002                                                    Nip.197209232005022003


  



Mengetahui,                                                                             LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka. SMP N 1 Labuhan Deli                                                               Guru Bid.Studi

Drs Muslim Ginting                                                                Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip. 196711111998011002                                                    Nip.197209232005022003
 LEMBAR KERJA SISWA












LEMBAR KERJA SISWA









Soal ulangan harian
1.      Terdiri dari organ apakah system reproduksi pria dan wanita   ……( 10  )
Jawab:
Ø  pada pria terdiri dari testis, penis, epididimis
Ø  Pada wanita terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.      Tuliskan fungsi dari ……..( 15  )
a.       Testis               : Penghasil sperma
b.      Epididinis        : Tempat penyimpanan sel sperma
c.       Ovarium          : Penghasil sel telur
3.      Apa perbedaan spermatogenesis dan oogenesis…( 20 )
Jawab
Ø  Spermatogenesis         : proses  pembentukan sel sperma
Ø  Oogenesis                    : proses pembemtukan sel telur
4.      Tuliskan macam-macam  peyakit yang tidak menular pada sistem reproduksi… ( 15  )
Jawab :
Ø  kista, kanker postat, kelenjar postat
5.      Bagaimana cara menjaga kesehatan agar sistem reproduksi tidak terinfeksi penyakit…(20  )
Jawab :
Ø  Selalu membersihkan organ reproduksi secara  rutin
Ø  Menjaga pakaian dalam selalu bersih
Ø  Mengganti pakaian dalam
6.      Jelaskan 2 macam penyakit menular seksual…(  20  )
jawab
Ø  AIDS penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh    HIV dapat di tularkan melalui kontak atau hubungan seksual
Ø  Sifilis di sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak sakit  pada organ reproduksi




                                                                                                                                   





Share this article :

Plaas 'n opmerking