RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI
I LABUHAN DELI
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IX/ganjil
Materi Pembelajaran : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu : 10 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia
dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi.
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai
sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1. Menjelaskan
struktur alat reproduksi pada manusia.
3.1.2. Menjelaskan
fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3. Menyebutkan organ organ
penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4. Menunjukkan
perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5. Menyebutkan
macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6. Menjelaskan
cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1
Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual
4.1.2
Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual
D.
TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta
didik dapat menjelaskan struktur alat reproduksi pada manusia
2.
Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi
alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati
charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat
Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat
Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
6.Setelah mengamati video pembelajaran
siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
penyakit pada system reproduksi.
7.Melalui diskusi dan kerja kelompok
siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual.
8.Melalui kerja proyek dengan membuat
slogan siswa dapat Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi
Pembelajaran
-
Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
- Pembelahan sel
- Sistem reproduksi manusia
- Kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi
- Pola hidup yang menunjang kesehatan
reproduksi
- Pengayaan
kelahiran Kembar
- Remedial
-Pengulangan
kembali materi regular
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi,
tanya jawab, dan presentasi
2.
Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah
F.
Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.
Pertemuna
Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.
Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
c. Pertemuan
Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d. Pertemuan
Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
G.Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.
Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-
Motivasi :Bagaimana
cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Peserta didik
menanyakan tentang charta sistem reproduksi
pada manusia
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik
mencari literature tentang sistem
reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-
Peserta didik
berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok secara individu
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Kedua : (3 Jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(20 menit)
-
Apersepsi :Sebutkan
alat reproduksi pada manusia?
-
Motivasi :Guru
menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi
pada manusia.
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b. Kegiatan
Inti (80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik mengamati
carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Apakah kita
harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik membaca
literatur tentang organ reproduksi pada
manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-
Secara
berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit
yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-
Secara individu
peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c. Penutup (20
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Ketiga: (2 jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
-
Apersepsi :Bagaimana
cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-
Motivasi :Apa
yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b. Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya
:
-
Mengapa bisa
terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Melalui
literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-
Peserta didik
berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
-
Apersepsi :Apa
saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-
Motivasi : Menayangkan
video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b. Kegiatan Inti
(80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik
mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya
:
-
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang
yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar
/ Mengasosiasi :
-
Peserta didik
berdiskusi tentang cara mencegah penyakit
menular seksual.
Mengkomunikasikan
:
-
Peserta didik
mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat
kesehatan.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan.
-Remedial
-
Bagi Peserta
Didik yang belum
mencapai KKM diberi
remedial yaitu mempelajari kembali materi yang belum
dikuasai dengan bimbingan guru. Setelah
melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil
diagnosis, menemukan penyebab kesulitan
belajar dan topik-topik
yang belum dikuasai, guru dapat
melakukan program remedial berdasarkan pada
rencana kegiatan yang
telah ditetapkan. Misalnya
banyak melakukan praktik atau
demonstrasi, tutor sebaya,
diskusi kelompok.
-
-Pengayaan
Melakukan
pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar
yang lain seperti media massa, internet, dl
G. Penilaian
1. Jenis /
tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Rubrik Penilaian
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar tes tulis
|
Uraian
|
|
|
|
|
2. Instrumen
penilaian
a. Pertemuan
pertama
a). Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
|
|
|
|
Ket :SB= Sangat baik B = Baik
C = Cukup K =
Kurang
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes
tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Terdiri dari
organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita
terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.
Tuliskan fungsi
dari :
a.
Testis : Penghasil sperma
b.
Epididinis : tempat penyimpanan sel sperma
c.
Ovarium : penghasil sel telur
3.
Apa perbedaan
Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis :
proses pembentukan sel sperma
Oogenesis :
proses pembemtukan sel telur
b.
Pertemuan Kedua
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrumen : Rubrik penilaian Sikap
tanggung jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Tuliskan
macam-macam peyakit yang tidak menular
pada sistem reproduksi?
Jawab : kista,
kanker postat, kelenjar postat
2.
Bagaimana cara
menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø Selalu membersihkan organ reproduksi secara rutin.
Ø Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø Mengganti pakaian dalam.
c.
Pertemuan Ketiga
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik penilaian Rasa
Ingin Tahu
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menayakan konsep-konsep
yang belum tahu
|
|
|
|
|
3
|
Serius
dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan
|
|
|
|
|
4
|
Menanggapi
pendapat dari temannya
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B=
Baik
C = Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian : Tes tulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
AIDS di sebabkan
oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang
telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang
tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan
seksual dan trasfusi
darah.
2.
Sebutkan 3
gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø Timbul luka pada alat kelamin.
Ø Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh
tubuh.
Ø Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan
kaki
d.
Pertemuan Keempat
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Portofolio
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B = Baik
C= Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian :
Tes tertulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
Jelaskan 2 macam
penyakit menular seksual
Jawab :
-
AIDS penyakit
yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di
tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-
Sifilis di
sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak
sakit pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Melengkapi
komponen laporan: Judul, data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
|
|
|
|
2
|
Penyajian
Data kurang sempurna dan kurang relevan.
|
|
|
|
3
|
Menyerahkan
laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI
I LABUHAN DELI
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IX/ganjil
Materi Pembelajaran : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu : 10 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia
dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi.
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai
sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1. Menjelaskan
struktur alat reproduksi pada manusia.
3.1.2. Menjelaskan
fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3. Menyebutkan organ organ
penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4. Menunjukkan
perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5. Menyebutkan
macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6. Menjelaskan
cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1
Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual
4.1.2
Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual
D.
TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta
didik dapat menjelaskan struktur alat reproduksi pada manusia
2.
Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi
alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati
charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat
Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat
Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
6.Setelah mengamati video pembelajaran
siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
penyakit pada system reproduksi.
7.Melalui diskusi dan kerja kelompok
siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual.
8.Melalui kerja proyek dengan membuat
slogan siswa dapat Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi
Pembelajaran
-
Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
- Pembelahan sel
- Sistem reproduksi manusia
- Kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi
- Pola hidup yang menunjang kesehatan
reproduksi
- Pengayaan
kelahiran Kembar
- Remedial
-Pengulangan
kembali materi regular
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi,
tanya jawab, dan presentasi
2.
Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah
F.
Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.
Pertemuna
Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.
Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
c. Pertemuan
Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d. Pertemuan
Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
G.Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.
Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-
Motivasi :Bagaimana
cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Peserta didik
menanyakan tentang charta sistem reproduksi
pada manusia
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik
mencari literature tentang sistem
reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-
Peserta didik
berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok secara individu
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Kedua : (3 Jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(20 menit)
-
Apersepsi :Sebutkan
alat reproduksi pada manusia?
-
Motivasi :Guru
menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi
pada manusia.
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b. Kegiatan
Inti (80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik mengamati
carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Apakah kita
harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik membaca
literatur tentang organ reproduksi pada
manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-
Secara
berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit
yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-
Secara individu
peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c. Penutup (20
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Ketiga: (2 jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
-
Apersepsi :Bagaimana
cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-
Motivasi :Apa
yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b. Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya
:
-
Mengapa bisa
terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Melalui
literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-
Peserta didik
berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
-
Apersepsi :Apa
saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-
Motivasi : Menayangkan
video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b. Kegiatan Inti
(80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik
mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya
:
-
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang
yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar
/ Mengasosiasi :
-
Peserta didik
berdiskusi tentang cara mencegah penyakit
menular seksual.
Mengkomunikasikan
:
-
Peserta didik
mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat
kesehatan.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan.
-Remedial
-
Bagi Peserta
Didik yang belum
mencapai KKM diberi
remedial yaitu mempelajari kembali materi yang belum
dikuasai dengan bimbingan guru. Setelah
melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil
diagnosis, menemukan penyebab kesulitan
belajar dan topik-topik
yang belum dikuasai, guru dapat
melakukan program remedial berdasarkan pada
rencana kegiatan yang
telah ditetapkan. Misalnya
banyak melakukan praktik atau
demonstrasi, tutor sebaya,
diskusi kelompok.
-
-Pengayaan
Melakukan
pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar
yang lain seperti media massa, internet, dl
G. Penilaian
1. Jenis /
tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Rubrik Penilaian
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar tes tulis
|
Uraian
|
|
|
|
|
2. Instrumen
penilaian
a. Pertemuan
pertama
a). Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
|
|
|
|
Ket :SB= Sangat baik B = Baik
C = Cukup K =
Kurang
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes
tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Terdiri dari
organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita
terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.
Tuliskan fungsi
dari :
a.
Testis : Penghasil sperma
b.
Epididinis : tempat penyimpanan sel sperma
c.
Ovarium : penghasil sel telur
3.
Apa perbedaan
Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis :
proses pembentukan sel sperma
Oogenesis :
proses pembemtukan sel telur
b.
Pertemuan Kedua
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrumen : Rubrik penilaian Sikap
tanggung jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Tuliskan
macam-macam peyakit yang tidak menular
pada sistem reproduksi?
Jawab : kista,
kanker postat, kelenjar postat
2.
Bagaimana cara
menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø Selalu membersihkan organ reproduksi secara rutin.
Ø Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø Mengganti pakaian dalam.
c.
Pertemuan Ketiga
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik penilaian Rasa
Ingin Tahu
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menayakan konsep-konsep
yang belum tahu
|
|
|
|
|
3
|
Serius
dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan
|
|
|
|
|
4
|
Menanggapi
pendapat dari temannya
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B=
Baik
C = Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian : Tes tulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
AIDS di sebabkan
oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang
telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang
tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan
seksual dan trasfusi
darah.
2.
Sebutkan 3
gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø Timbul luka pada alat kelamin.
Ø Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh
tubuh.
Ø Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan
kaki
d.
Pertemuan Keempat
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Portofolio
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B = Baik
C= Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian :
Tes tertulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
Jelaskan 2 macam
penyakit menular seksual
Jawab :
-
AIDS penyakit
yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di
tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-
Sifilis di
sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak
sakit pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Melengkapi
komponen laporan: Judul, data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
|
|
|
|
2
|
Penyajian
Data kurang sempurna dan kurang relevan.
|
|
|
|
3
|
Menyerahkan
laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
Mengetahui, LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka.
SMP N 1 Labuhan Deli Guru
Bid.Studi
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI
I LABUHAN DELI
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IX/ganjil
Materi Pembelajaran : Sistem reproduksi manusia
Alokasi Waktu : 10 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia
dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang
kesehatan reproduksi.
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai
sumber Terkait Kesehatan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1. Menjelaskan
struktur alat reproduksi pada manusia.
3.1.2. Menjelaskan
fungsi alat reproduksi pada manusia.
3.1.3. Menyebutkan organ organ
penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia.
3.1.4. Menunjukkan
perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.5. Menyebutkan
macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
3.1.6. Menjelaskan
cara pencegahan penyakit pada system reproduksi
4.1.1
Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual
4.1.2
Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual
D.
TujuanPembelajaran
1.Melalui diskusi peserta
didik dapat menjelaskan struktur alat reproduksi pada manusia
2.
Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi
alat reproduksi pada manusia
3. Dengan mengamati
charta peserta didik dapat Menyebutkan organ organ penyusun sistem reproduksi pada mamalia dan manusia
4. Dengan mengamati lingkungan dan video siswa dapat
Menunjukkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
5.Setelah mengamati video pembelajaran siswa dapat
Menyebutkan macam-macam penyakit pada sistem reproduksi.
6.Setelah mengamati video pembelajaran
siswa dapat Menjelaskan cara pencegahan
penyakit pada system reproduksi.
7.Melalui diskusi dan kerja kelompok
siswa dapat Menunjukkan gambar penyakit
menular seksual.
8.Melalui kerja proyek dengan membuat
slogan siswa dapat Melakukan upaya
pencegahan penyakit menular seksual.
D.Materi
Pembelajaran
-
Reguler
Sistem Reproduksi Pada Manusia
- Pembelahan sel
- Sistem reproduksi manusia
- Kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi
- Pola hidup yang menunjang kesehatan
reproduksi
- Pengayaan
kelahiran Kembar
- Remedial
-Pengulangan
kembali materi regular
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode demonstrasi, eksperimen, diskusi,
tanya jawab, dan presentasi
2.
Model Pembelajaran Scientifik dan Berbasis Masalah
F.
Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.
Pertemuna
Pertama
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
b.
Pertemuan Kedua
1). Media : video pembelajaran macam-macam penyakit
2). Sumber belajar
Buku IPA Biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
c. Pertemuan
Ketiga
1). Media : charta
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
internet
Buku lain yang relevan
d. Pertemuan
Keempat
1). Media : video pembelajaran
2). Sumber belajar
Buku IPA biologi untuk SMP kelas IX penerbit erlanngga
Buku lain yang relevan
G.Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jp )
a.
Kegiatan Pendahuluan(10 menit)
-
Motivasi :Bagaimana
cara makhluk hidup dapat melestarikan hidupnya?
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati charta system reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Peserta didik
menanyakan tentang charta sistem reproduksi
pada manusia
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik
mencari literature tentang sistem
reproduksi pada manusia beserta fungsinya.
Menganalisis
-
Peserta didik
berdiskusi tentang sistem reproduksi pada manusia
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok secara individu
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Kedua : (3 Jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(20 menit)
-
Apersepsi :Sebutkan
alat reproduksi pada manusia?
-
Motivasi :Guru
menayangkan video macam macam penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi
pada manusia.
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang sistem reproduksi pada manusia
b. Kegiatan
Inti (80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik mengamati
carta penyakit pada sistem reproduksi pada manusia
Menanya
:
-
Apakah kita
harus menjaga kebersihan alat reproduksi sehingga terbebas dari penyakit?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Peserta didik membaca
literatur tentang organ reproduksi pada
manusia dan jenis penyakit yang di timbulkannya.
Mengasosiasi
-
Secara
berkelompok peserta didik berdiskusi tentang organ reproduksi pada dan penyakit
yang di timbulkannya.
Mengkomunikasikan
-
Secara individu
peserta didik mempresentasi hasil kerja kelompok.
c. Penutup (20
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan
Ketiga: (2 jp)
a. Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
-
Apersepsi :Bagaimana
cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi?
-
Motivasi :Apa
yang kamu lakukan pada saat berada di toilet sekolah?
b. Kegiatan
inti (60 menit)
Mengamati:
-
Peserta didik
mengamati gambar penyakit menular seksual.
Menanya
:
-
Mengapa bisa
terjangkit penyakit seksual?
Mengumpulkan
data/informasi :
-
Melalui
literatur peserta didik mencatat jenis penyakit menular seksual.
Mengasosiasi
-
Peserta didik
berdiskusi hasil kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok secara individu.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pertemuan Keempat : (3 jp)
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
-
Apersepsi :Apa
saja penyakit menular pada alat reproduksi manusia?
-
Motivasi : Menayangkan
video orang yang terjangkit penyakit AIDS
b. Kegiatan Inti
(80 menit)
Mengamati
:
-
Peserta didik
mengamati video orang yang terjangkit penyakit AIDS
Menanya
:
-
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menayakan tentang tanyangan video orang
yang terjangkit penyakit AIDS.
Menalar
/ Mengasosiasi :
-
Peserta didik
berdiskusi tentang cara mencegah penyakit
menular seksual.
Mengkomunikasikan
:
-
Peserta didik
mempresentasi hasil kerja kelompok dan membuat laporan kunjungan ke pusat
kesehatan.
c. Penutup (10
menit)
-
Siswa dan guru mereview
hasil kegiatan pembelajaran.
-
Siswa dan guru
merefleksikan hasil kegiatan.
-
Guru memberikan
penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
-
Pemberian tugas
untuk mengetahui daya serap materi siswa.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan.
-Remedial
-
Bagi Peserta
Didik yang belum
mencapai KKM diberi
remedial yaitu mempelajari kembali materi yang belum
dikuasai dengan bimbingan guru. Setelah
melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil
diagnosis, menemukan penyebab kesulitan
belajar dan topik-topik
yang belum dikuasai, guru dapat
melakukan program remedial berdasarkan pada
rencana kegiatan yang
telah ditetapkan. Misalnya
banyak melakukan praktik atau
demonstrasi, tutor sebaya,
diskusi kelompok.
-
-Pengayaan
Melakukan
pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar
yang lain seperti media massa, internet, dl
G. Penilaian
1. Jenis /
tehnik penilaian dan bentuk instrumen
Jenis
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Rubrik Penilaian
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar tes tulis
|
Uraian
|
|
|
|
|
2. Instrumen
penilaian
a. Pertemuan
pertama
a). Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
|
|
|
|
Ket :SB= Sangat baik B = Baik
C = Cukup K =
Kurang
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes
tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Terdiri dari
organ apakah system reproduksi pria dan wanita
Jawab : Pada pria terdiri dari testis, penis, epididymis.
Pada wanita
terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.
Tuliskan fungsi
dari :
a.
Testis : Penghasil sperma
b.
Epididinis : tempat penyimpanan sel sperma
c.
Ovarium : penghasil sel telur
3.
Apa perbedaan
Spermatogenesis dan Oogenesis
Jawab
Spermatogenesis :
proses pembentukan sel sperma
Oogenesis :
proses pembemtukan sel telur
b.
Pertemuan Kedua
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrumen : Rubrik penilaian Sikap
tanggung jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Instrument : Lembar tes tulis
Bentuk
instrument : Uraian
1.
Tuliskan
macam-macam peyakit yang tidak menular
pada sistem reproduksi?
Jawab : kista,
kanker postat, kelenjar postat
2.
Bagaimana cara
menjaga kesehatan agar system reproduksi tidak terinfeksi penyakit
Jawab :
Ø Selalu membersihkan organ reproduksi secara rutin.
Ø Menjaga pakaian dalam selalu bersih.
Ø Mengganti pakaian dalam.
c.
Pertemuan Ketiga
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Observasi
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik penilaian Rasa
Ingin Tahu
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam rasa ingin tahu. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai rasa ingin tahu yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menayakan konsep-konsep
yang belum tahu
|
|
|
|
|
3
|
Serius
dalam melakukan kunjungan pusat kesehatan
|
|
|
|
|
4
|
Menanggapi
pendapat dari temannya
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B=
Baik
C = Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian : Tes tulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
AIDS di sebabkan
oleh virus HIV. Apa yang akan terjadi jika ada nyamuk yang menggigit orang yang
telah terjangkit virus HIV, setelah itu menggigit orang sehat? Apakah orang
tersebut juga dapat terjangkit HIV?
Jawab :Tidak karena virus HIV menular melalui hubungan
seksual dan trasfusi
darah.
2.
Sebutkan 3
gejala yang muncul pada penderita penyakit sifilis
Jawab:
Ø Timbul luka pada alat kelamin.
Ø Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh
tubuh.
Ø Timbul bercak kemerahan di telapak tangan dan
kaki
d.
Pertemuan Keempat
a).
Sikap
Teknik
penilaian : Portofolio
Instrument : Lembar observasi
Bentuk
instrument : Rubrik Penilaian Sikap
Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
|
|
|
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
|
|
|
|
|
Ket :
SB = Sangat baik B = Baik
C= Cukup K= Kurang
b).
Pengetahuan
Teknik penilaian :
Tes tertulis
Instrument :
Lembar tes tulis
Bentuk instrument :
Uraian
1.
Jelaskan 2 macam
penyakit menular seksual
Jawab :
-
AIDS penyakit
yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang di sebabkan oleh HIV dapat di
tularkan melalui kontak atau hubungan seksual.
-
Sifilis di
sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum yang di tandai oleh luka yang tidak
sakit pada organ reproduksi.
Ket : Portofolio
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Melengkapi
komponen laporan: Judul, data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
|
|
|
|
2
|
Penyajian
Data kurang sempurna dan kurang relevan.
|
|
|
|
3
|
Menyerahkan
laporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
Mengetahui, LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka.
SMP N 1 Labuhan Deli Guru
Bid.Studi
Drs Muslim Ginting Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip.
196711111998011002 Nip.197209232005022003
Drs Muslim Ginting Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip.
196711111998011002 Nip.197209232005022003
Mengetahui, LabuhanDeli, 17 Juli 2017
Ka.
SMP N 1 Labuhan Deli Guru
Bid.Studi
Drs Muslim Ginting Nona Faziera Sari SPd MSi
Nip.
196711111998011002 Nip.197209232005022003
LEMBAR
KERJA SISWA
Soal
ulangan harian
1.
Terdiri dari
organ apakah system reproduksi pria dan wanita
……( 10 )
Jawab:
Ø pada pria terdiri dari testis, penis, epididimis
Ø Pada wanita terdiri dari ovarium, uterus, tuba fallopi
2.
Tuliskan fungsi
dari ……..( 15 )
a.
Testis : Penghasil sperma
b.
Epididinis : Tempat penyimpanan sel sperma
c.
Ovarium : Penghasil sel telur
3.
Apa perbedaan
spermatogenesis dan oogenesis…( 20 )
Jawab
Ø Spermatogenesis :
proses pembentukan sel sperma
Ø Oogenesis :
proses pembemtukan sel telur
4.
Tuliskan
macam-macam peyakit yang tidak menular
pada sistem reproduksi… ( 15 )
Jawab :
Ø kista, kanker postat, kelenjar postat
5.
Bagaimana cara
menjaga kesehatan agar sistem reproduksi tidak terinfeksi penyakit…(20 )
Jawab :
Ø Selalu membersihkan organ reproduksi secara rutin
Ø Menjaga pakaian dalam selalu bersih
Ø Mengganti pakaian dalam
6.
Jelaskan 2 macam
penyakit menular seksual…( 20 )
jawab
Ø AIDS penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia
yang di sebabkan oleh HIV dapat di
tularkan melalui kontak atau hubungan seksual
Ø Sifilis di sebabkan oleh bakteri treponema Pallidum
yang di tandai oleh luka yang tidak sakit pada organ reproduksi
Plaas 'n opmerking