Home » » RPP IPA KELAS9 SESUAI PERMEN 22 THN 2016

RPP IPA KELAS9 SESUAI PERMEN 22 THN 2016

Written By Unknown on Sondag 10 September 2017 | 05:52

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016

Sekolah                                    :  SMPN 1 LABUHAN DELI
Mata pelajaran             :  IPA TERPADU
Kelas/Semester                        :   IX/ Ganjil
Materi  Pokok              :   Sistem Reproduksi Pada Manusia
Alokasi Waktu                         :  13 jp  x   40 menit ( 5  pertemuan)

A.Kompetensi Dasar

1.KD  pada KI-3          :   3.1  Memahami sistem reproduksi pada manusia
dan   gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi      

2. KD pada KI-4            :  4.1          Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
.
B.Indikator pencapaian  Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-3    :  3.1.1. Menjelaskan fase-fase pembelahan mitosis dan
meiosis    
                                             3.1.2.Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis
                                             3.1.3. Menyebutkan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis   laki dan perempuan 
          3.1.4. Menyebutkan   fungsi   organ-organ   penyusun   sistem        reproduksi   pada laki-laki dan perempuan   
                                              3.1.5. Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada
        proses spermatogenesis dan oogenesis
                                              3.1.6. Memaparkan siklus menstruasi yang terjadi pada
        dinding rahim
                                              3.1.7. Menjelaskan proses fertilisasi dan kehamilan
                                              3.1.8. Menjelaskan proses perkembangan janin selama
        dalam kandungan
                                               3.1.9.Menjelaskan fungsi cairan ketuban bagi janin
                       3.1.10. Menjelaskan   gaya   dorong   dan   gaya   gesek 
                                   yang   terjadi   pada   proses melahirkan
                                              3.1.11. Menjelaskan     berbagai  macam    penyakit 
                                              pada  sistem  reproduksi manusia
                                             3.1.12 Menjelaskan    upaya  pencegahan    penyakit
                                                        pada  sistem  reproduksi Manusia
.
 2. Indikator KD pada KI-4      :  4.1.1. Menyajikan     laporan  hasil  studi  tentang  penyakit
              pada   sistem reproduksi
                                                   4.1.2. Membuat poster tentang upaya pencegahan dan
                                                                   penularan  penyakit seksual

C. Tujuan pembelajaran                    : 
3.1.1.1. Peserta didik dapat Menjelaskan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis    
3.1.2.1. Peserta Didik dapat Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis
3.1.3.1. Peserta Didik dapat Menyebutkan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis   laki dan perempuan  .
3.1.4.1. Peserta Didik dapat Menyebutkan   fungsi   organ-organ   penyusun   sistem        reproduksi   pada laki-laki dan perempuan    .
3.1.5.1. Peserta Didik dapat menjelaskan Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada proses spermatogenesis dan oogenesis
3.1.6.1 Siswa dapat Memaparkan siklus menstruasi yang terjadi pada dinding rahim
3.1.7.1. Peserta Didik Menjelaskan proses fertilisasi dan kehamilan
3.1.8. 1.Peserta didik dapat Menjelaskan proses perkembangan janin selama dalamkandungan 3.1.9.1. Peserta didik dapat Menjelaskan fungsi cairan ketuban bagi janin
3.1.10.1. Peserta didik dapat Menjelaskan   gaya   dorong   dan   gaya   gesek   yang   terjadi   pada   proses melahirkan
3.1.11.1. Peserta didik dapat Menjelaskan     berbagai  macam    penyakit  pada  sistem  reproduksi manusia
 3.1.121.Peserta didik dapat Menjelaskan    upaya  pencegahan    penyakit pada  sistem  reproduksi Manusia
.
D. Materi Pembelajaran
Sistem Reproduksi Pada Manusia
·     Pembelahan sel
·     Sistem reproduksi manusia
·     Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
E. Metode  Pembelajaran
1.Diskusi
2.Eksperimen
3. Simulasi

F.  Media Pembelajaran
-   Charta
-   PPT
-  Video pembelajaran

G.Sumber Belajar
-   Buku Siswa.
-   Lingkungan sekolah
-   Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I
a.      Kegiatan pendahuluan
- Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk bersyukur atas kesempatan   untuk   lahir   di   dunia   sehingga   dapat   melihat   keindahan berbagai ciptaan-Nya.
- Kemudian    guru  menceritakan    bahwa  pada   awalnya  manusia   hanya berasal dari 1sel (zygot).Sel tersebut mengalami pembelahan   secara   terus   menerus,   sehingga   pada   saat   manusia   telah  dewasa,   jumlah   seluruh   sel   yang   ada   di   dalam   tubuhnya   sekitar   200  triliun.  Berdasarkan    pernyataan   tersebut,  kemudian   peserta  didik  diminta    untuk   menjelaskan    satu  alasan  mengapa    sel  mengalami
pembelahan?
- Selanjutnya, guru menjelaskan tentang 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan.     Selain  itu  juga  menjelaskan   bahwa   pembelahan     sel  dibedakan   menjadi   dua,   yaitu   pembelahan   mitosis   dan   pembelahan  meiosis.
b.      Kegiaatan inti
Guru mengajak siswa berliterasi dengan menggunakan buku paket
Guru menayangkan video pembelajaran tentang pembelahan meosis dan mitosis
-          Mengamati
Secara berkelompok siswa melakukan pengamatan terhadap penayangan video tersebut.
-          Menanya
Meminta siswa untuk merumuskan masalah yang berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan terhadap video pembelajaran dan hasil literasi
-          Mengumpulkan informasi
Siswa diminta mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan pembelahan meosis dan mitosis melalui video dan buku berdasarkan data yang ada pada LK.
-          Menalar
Siswa menuliskan hasil kerjanya sesuai kreasi dan mendiskusikannya
-          Mengkomunikasikan
Siswa diminta mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusinya
c.       Penutup
-          Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang aktif dan bagus
-          Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran.
-          Guru memberikan tugas rumah
LK SISWA

Judul                               : Pembelahan Meosis dan Mitosis
Tujuan                             : Dapat menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis
Alat dan bahan                : video pembelajaran,lk,buku siswa dan charta
Prosedur pengamatan      : 1. Membentuk 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa
      2. mengamati penayangan video pembelajaran dan charta
                                           3. mencatat data –data tentang pembelahan meosis dan mitosis

Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Meosis?
2. Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Mitosis?
3.Tuliskan cirri setiap fase pembelahan fase pembelahan mitosis dan meiosis
4.Tuliskan  karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis   laki dan perempuan  .
4. buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu yang menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis

LK SISWA

Judul                               : Pembelahan Meosis dan Mitosis
Tujuan                             : Dapat menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis
Alat dan bahan                : video pembelajaran,lk,buku siswa dan charta
Prosedur pengamatan      : 1. Membentuk 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa
      2. mengamati penayangan video pembelajaran dan charta
                                           3. mencatat data –data tentang pembelahan meosis dan mitosis

Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Meosis?
2. Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Mitosis?
3.Tuliskan cirri setiap fase pembelahan fase pembelahan mitosis dan meiosis
4.Tuliskan  karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis   laki dan perempuan  .
4. buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu yang menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis

LK SISWA

Judul                               : Pembelahan Meosis dan Mitosis
Tujuan                             : Dapat menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis
Alat dan bahan                : video pembelajaran,lk,buku siswa dan charta
Prosedur pengamatan      : 1. Membentuk 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa
      2. mengamati penayangan video pembelajaran dan charta
                                           3. mencatat data –data tentang pembelahan meosis dan mitosis
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Meosis?
2. Apakah yang dimaksud dengan pembelahan Mitosis?
3.Tuliskan cirri setiap fase pembelahan fase pembelahan mitosis dan meiosis
4.Tuliskan  karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis   laki dan perempuan  .
4. buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu yang menjelaskan tentang pembelahan meosis dan mitosis
Pertemuan II

a.      Kegiatan Pendahuluan :

1.  Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik  guru dapat   memulai
       materi    ini  dengan    mengingatkan     bahwa    pada   awalnya,   manusia
       berasal   dari  satu  sel.  Akan  tetapi,  karena   sel  tersebut  mengalami
       pembelahan, maka jumlah sel manusia pada saat dewasa sekitar 200
       triliun. Selanjutnya, sel-sel tersebut mengalami perubahan bentuk dan fungsi (berdiferesiasi)    sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan bergabung menjadi satu untuk membentuk suatu jaringan.  Kemudian,   guru   meminta   peserta   didik   untuk   menceritakan   kepada  teman sebangkunya tentang hierarki kehidupan dari mulai sel hingga organisme.
 2   Setelah peserta didik menceritakan hierarki kehidupan kepada teman sebangkunya,      guru    mengarahkan      peserta   didik  agar   mengagumi keteraturan   serta   kekompleksan   manusia   sebagai   salah   satu   makhluk   senantiasa berterima kasih serta menghormati orang tua, terutama ibu, karena ibu telah mengandung kita selama sembilan bulan sepuluh hari,
       menyusui,   memberi   kasih   sayang,   mendidik,   dan   masih   banyak   lagi
       pengorbanan dari ibu yang tidak dapat kita hitung. Berkaitan dengan
       hal ini, agar perasaan peserta didik benar-benar dapat tersentuh, guru dapat memutarkan video tentang perjuangan. serta   pengorbanan   ibu   atau   ayah   dalam   membesarkan   dan   mendidik putra-putrinya.
3. Selanjutnya, guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan  peserta   didik  memasuki   materi  Sistem  Reproduksi   pada  Manusia. Berikut   ini  contoh  pertanyaan  yang  dapat  disampaikan   oleh  guru, bagaimana   ibu   dapat   mengandung?   Apakah   ibu   dapat   mengandung tanpa   kehadiran   ayah  kita?  Setelah  siswa  menjawab   pertanyaan-
     pertanyaan    tersebut,  guru  memberikan   penjelasan  sebagai  berikut. Ibu kita dapat mengandung karena adanya ayah. Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan yaitu lahirnya kamu. Ayah dan ibu dapat  sistem reproduksi ini maka niscaya kita tidak dapat lahir di dunia dan umat manusia akan punah.
b.Kegiatan Inti :
-Selanjutnya, guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan   peserta   didik  memasuki   materi  Sistem  Reproduksi   pada  Manusia. Berikut   ini  contoh  pertanyaan  yang  dapat disampaikan   oleh  guru,  bagaimana   ibu   dapat   mengandung?   Apakah   ibu   dapat   mengandung tanpa   kehadiran   ayah  kita?  Setelah  siswa  menjawab   pertanyaan- pertanyaan    tersebut,  guru  memberikan   penjelasan  sebagai  berikut.   Ibu kita dapat mengandung karena adanya ayah. Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan yaitu lahirnya kamu. Ayah dan ibu dapat
sistem reproduksi ini maka niscaya kita tidak dapat lahir di dunia dan  umat manusia akan punah.
Mengajak siswa untuk membuat pertanyaan yang berhubungan dengan komponen biotik dan abiotik serta interaksinya
- Guru    dapat  mengawali    kegiatan  pembelajaran    dengan   mengajak peserta didik menyelesaikan aktivitas 1.1 melengkapi organ-organ penyusun alat treproduksil aki-laki
guru   dapat   membimbing   peserta   didik   untuk   membentuk   kelompok dengan   anggota   berjumlah   4   –   5   orang   untuk   setiap   kelompok.   Pada penyusun sistem reproduksi laki-laki. Agar peserta didik dapat dengan mudah    menyelesaikan   tugas  ini,  hal  pertama  yang  harus  dilakukan  peserta   didik   adalah   mencermati   Gambar   1.4   Organ-organ   Penyusun  1.1 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada titik yang terdapat pada Gambar 1.4. Agar dapat menunjang ketercapaian KI-2,   guru  dapat  mengingatkan   peserta  didik  untuk  membaca   dan cermat.   Selain   itu,   guru   juga   perlu   mengingatkan   agar   peserta   didik  bekerjasama   dengan   teman   satu   kelompoknya   selama   menyelesaikan tugas ini.
c.Penutup
Guru melakukan pengecekan pemahaman dengan meminta siswa  mengerjakan tugas      atau  Latihan .Dan guru menarik kesimpulan dari yang dipelajari bersama-sama peserta didik. Pada akhir pembelajaran  siswa diminta melakukan refleksi tentang apa yang dipelajari dan  manfaatnya.





LK SISWA

Judul                            : Reproduksi Pada Manusia
Tujuan                            : Dapat mengidentifikasi alat-alat reproduksi pada manusia
Alat dan bahan               : Buku teks
Prosedur pengamatan    : 1. Membentuk 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa
  2 membaca buku teks
  3. mencatat alat reproduksi pada manusia dalam tabel

4. Tuliskan kesimpulanmu.






  
Pertemuan III

a.       Kegiatan pendahuluan
-Guru mengingatkan kembali tentang materi pembelahan sel, terutama  berkaitan   karakter      atau   sifat   anakan   hasil   pembelahan.   Guru   dapat melakukan kegiatan ini dengan cara berdiskusi atau dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan kepada peserta didik.
-Guru juga dapat mengajukan pertanyaan berikut ini untuk mengawali  materi ini. Masih ingatkah kalian di mana terjadi proses pembentukan sperma?   Nah,   proses   apakah   yang   sebenarnya   terjadi   di   dalam   organ  tersebut sehingga dapat terbentuk sperma?
b.      Kegiatan inti
-          Mengamati
-          Seperti  materi  pembelahan    sel,  guru  dapat  memberikan     materi  ini  dengan  diskusi  kelas.  Agar  peserta  didik  dapat  dengan  mudah  memahami materi spermatogenesis, guru dapat meminta peserta didik  mencermati Gambar 1.5 yang terdapat pada Buku Siswa.
-          Menanya
Membuat pertanyaan yang terkait dengan pola interaksi makhluk hidup yang berupa rantai makanan dan piramida makanan
-          Mengumpulkan informasi
Guru  membimbing     peserta  didik  untuk  menyelesaikan   tugas  yang terdapat pada fitur ayo kita pikirkan.pada tugas ini peserta didik diminta   untuk   menjelaskan   tujuan   dari   diciptakannya   kepala   sperma yang   meruncing   pada   bagian   depannya.   Selain   itu,   peserta   didik   juga diminta   untuk   menjelaskan   fungsi   bagian   ekor   sperma.   Sebagaimana  tugas sebelumnya, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas,  maka tugas ini dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
-          Menalar
Menuliskan hasil kerja sesuai kreasi kelompoknya masing-masing
-          Mengkomunikasi
Mensimulasikan hasil kerja kelompoknya
c.       Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah



Pertemuan  IV

a.       Kegiatan pendahuluan
-          Agar   dapat  menarik    perhatian   peserta  didik,  guru  dapat   memulai materi    ini  dengan    mengingatkan     bahwa    pada   awalnya,   manusia    berasal   dari  satu  sel.  Akan  tetapi,  karena   sel  tersebut  mengalami  pembelahan, maka jumlah sel manusia pada saat dewasa sekitar 200  triliun. Selanjutnya, sel-sel tersebut mengalami perubahan bentuk dan  sama akan bergabung menjadi satu untuk membentuk suatu jaringan. Kem udian,   guru   meminta   peserta   didik   untuk   menceritakan   kepada     teman sebangkunya tentang hierarki kehidupan dari mulai sel hingga
b.      Kegiatan Inti
-          Setelah peserta didik menceritakan hierarki kehidupan kepada teman  sebangkunya,      guru   mengarahkan      peserta   didik  agar   mengagumi   keteraturan   serta   kekompleksan   manusia   sebagai   salah   satu   makhluk senantiasa berterima kasih serta menghormati orang tua, terutama ibu,   karena ibu telah mengandung kita selama sembilan bulan sepuluh hari,  menyusui,   memberi   kasih   sayang,   mendidik,   dan   masih   banyak   lagi   pengorbanan dari ibu yang tidak dapat kita hitung. Berkaitan dengan  hal ini, agar perasaan peserta didik benar-benar dapat tersentuh, guruserta   pengorbanan   ibu   atau   ayah   dalam   membesarkan   dan   mendidik putra-putrinya.

-            Selanjutnya, guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan   peserta   didik  memasuki   materi  Sistem  Reproduksi   pada  Manusia. Berikut   ini  contoh  pertanyaan  yang  dapat  disampaikan   oleh  guru,   bagaimana   ibu   dapat   mengandung?   Apakah   ibu   dapat   mengandung  tanpa   kehadiran   ayah  kita?  Setelah  siswa  menjawab   pertanyaan-   pertanyaan    tersebut,  guru  memberikan   penjelasan  sebagai  berikut. Ibu kita dapat mengandung karena adanya ayah. Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan yaitu lahirnya kamu. Ayah dan ibu dapat              sistem reproduksi ini maka niscaya kita tidak dapat lahir di dunia dan umat manusia akan punah.

c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


Pertemuan V

a.       Kegiatan Pendahuluam
-          Guru    dapat  mengawali    kegiatan  pembelajaran    dengan   mengajak peserta menyelesaikan aktivitas 1.1melengkapi gbr organ-organ reproduksi laki-laki yang terdapat pada buku teks.sebelum peserta didik menyelesaikan tugas ini guru   dapat   membimbing   peserta   didik   untuk   membentuk   kelompok  dengan   anggota   berjumlah   4   –   5   orang   untuk   setiap   kelompok.   Pada  penyusun sistem reproduksi laki-laki. Agar peserta didik dapat dengan mudah    menyelesaikan   tugas  ini,  hal  pertama  yang  harus  dilakukan peserta   didik   adalah   mencermati   Gambar   1.4   Organ-organ   Penyusun
1.1 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada
                    titik yang terdapat pada Gambar 1.4. Agar dapat menunjang ketercapaian KI-2, 
guru  dapat  mengingatkan   peserta  didik  untuk  membaca   dan cermat.   Selain   itu,         guru   juga   perlu   mengingatkan   agar   peserta   didikbekerjasama   dengan   teman   satu   kelompoknya   selama   menyelesaikan    tugas ini.

b.      Kegiatan Inti
-          Agar   peserta   didik   juga   memahami   fungsi   dari   masing-masing   organ   reproduksi   laki-laki,  guru  dapat  menugaskan   peserta  didik  untuk   membaca     paparan   materi   tentang  organ-organ    penyusun   sistem   reproduksi laki-laki yang terdapat pada Buku Siswa.   Selanjutnya,  guru   membimbing      peserta  didik  untuk   menjawab    guru   juga  menugaskan   peserta  didik  untuk  membaca    materi  yang
       hormon testosteron. Berkaitan dengan kedua tugas ini, apabila waktu   tatap muka di
       kelas     sangat terbatas, maka guru dapat meminta siswa   menyelesaikannya di luar
       jam  pelajaran.

-          Selanjutnya,      peserta     didik    diberi    tugas    untuk     mencari      informasi  didik   dapat   mencari   informasi   terkait   masalah   tersebut   dengan   cara  bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya, membaca buku-buku di perpustakaan ataupun melalui internet. Apabila sebagian besar peserta didik   mencari   informasi   melalui   internet,   hendaknya   terlebih   dahulu guru   memberikan   nasehat   kepada   peserta   didik   untuk   memfokuskan pencarian informasinya pada materi yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar    peserta    didik    dapat    dengan     bijaksana     memanfaatkan          internet,  sehingga tidak menggunakan media ini untuk mencari informasi yang  bersifat   negatif   dan   tidak   bermanfaat,   misalnya   hal-hal   yang   bersifat  porno     dan    lain-lain.   Sebagaimana        tugas    sebelumnya,       apabila    waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, maka guru dapat meminta siswa menyelesaikannya di luar jam pelajaran.

c.       Kegiatan penutup
-          Guru membimbing peserta didik untuk membaca materi yang terdapat  pada buku teks tentang BPH.Apabila waktu terbatas, maka guru dapat meminta siswa menyelesaikannya di luar jam  pelajaran seperti beberapa tugas sebelumnya.
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Memberi tugas rumah
LK SISWA

 






Pertemuan VI

            a.kegiatan Pendahuluan
            -  Guru mengingatkan kembali tentang materi pembelahan sel, terutama berkaitan  
karakter   atau   sifat   anakan   hasil   pembelahan.   Guru   dapat  melakukan kegiatan
 ini     dengan cara berdiskusi atau dengan mengajukan  beberapa pertanyaan yang
berkaitan      kepada peserta didik.
            b. .kegiatan Inti
- Guru juga dapat mengajukan pertanyaan berikut ini untuk mengawali  materi ini.
Masih    ingatkah kalian di mana terjadi proses pembentukan  sperma?   Nah,   proses   apakah   yang   sebenarnya   terjadi   di   dalam   organ   tersebut sehingga dapat terbentuk sperma?
Seperti  materi  pembelahan    sel,  guru  dapat  memberikan     materi ini  dengan  diskusi  kelas.  Agar  peserta  didik  dapat  dengan  mudah memahami materi spermatogenesis, guru dapat meminta peserta didik  mencermati Gambar 1.5 yang terdapat pada Buku Siswa. Guru  membimbing     peserta  didik  untuk  menyelesaikan   tugas  yang  diminta   untuk   menjelaskan   tujuan   dari   diciptakannya   kepala   sperma yang   meruncing   pada   bagian   depannya.   Selain   itu,   peserta   didik   juga iminta   untuk   menjelaskan   fungsi   bagian   ekor   sperma.   Sebagaimana  tugas sebelumnya, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, maka tugas ini dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
-          orang untuk setiap kelompok. Pada tugas ini, peserta didik diminta untuKAgar peserta didik dapat dengan mudah menyelesaikan tugas ini, hal pertama yang harus dilakukan peserta didik adalah mencermati Ga 1.6  Organ-organ   Penyusun    Sistem  Reproduksi   pada   Perempuan. Organ-organ   Penyusun   Sistem   Reproduksi   pada   Perempuan.   SetelAH pada Gambar 1.6. Agar dapat menunjang ketercapaian KI-2, guru dapat
 dan melengkapi Gambar 1.6 dengan teliti dan cermat. Selain itu, g juga perlu mengingatkan agar peserta didik bekerjasama dengan teman  satu kelompoknya selama menyelesaikan tugas ini. Agar   peserta   didik   juga   memahami   fungsi   dari   masing-masing   organ reproduksi   perempuan,   guru   dapat   menugaskan   peserta   didik   untuk membaca      paparan   materi  tentang  organ-organ   penyusun   sistem  reproduksi   perempuan   yang   terdapat   pada   Buku   Siswa.   Pada   bagian saat   sampai   pada  bagian  tersebut,  hendaknya   guru  memberikan   kaum perempuan. Serta menjelaskan bahwa selaput dara dapat rusak   peserta didik tidak melakukan seks bebas.


c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


           
















LK  SISWA
















Pertemuan VII
a.       Kegiatan pendahuluan
-          Guru      dapat    mengawali         materi     ini  dengan       mengajukan         pertanyaan
Apabila proses pembentukan sperma disebut spermatogenesis,            disebut      dengan      apakah      proses      pembentukan          sel  telur?
b.      Kegiatan Inti
-          Selanjutnya, guru membimbing peserta didik untuk melakukan diskusi   peserta didik dapat dengan mudah memahami materi ini, guru dapat    meminta peserta didik untuk mencermati Gambar 1.8 tentang Proses
-            Berkaitan dengan materi organ reproduksi pada laki-laki dan perempuan,
 spermatogenesis dan oogenesis dapat dibelajarkan di kelas dalam satu kali
 pertemuan.   Hal   ini   dilakukan   apabila   jumlah   tatap   muka   yang   digunakan
 untuk membelajarkan bab ini sangat terbatas. Kegiatan pembelajaran dapat
 dirancang   dengan   membagi   siswa   di   kelas   menjadi   dua   kelompok   besar.
 Kelompok besar pertama mempelajari organ reproduksi pada laki-laki dan
 spermatogenesis,    sedangkan   kelompok    besar  kedua  mempelajari   organ
 reproduksi pada laki-laki dan oogenesis. Agar kerja kelompok lebih efektif,
 guru   dapat  membagi    masing-masing   kelompok   besar  menjadi  beberapa
 kelompok kecil dengan jumlah anggota setiap kelompoknya sebanyak 4 – 5
 peserta didik. Apabila seluruh kelompok telah menyelesaikan masing-masing
 tugasnya, selanjutnya dilakukan persentasi oleh masing-masing perwakilan
 kelompok.      
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


Pertemuan VIII
a.       Kegiatan pendahuluan
-         
Siklus Menstruasi yang terdapat pada Buku Siswa. Agar lebih mudah  untuk memahami penjelasan tentang siklus menstruasi, peserta didik diminta untuk mencermati Gambar 1.9 tentang Siklus yang terjadi pada Dinding Rahim.
c.       Kegiatan Inti
Setelah   peserta  didik  memahami    materi  tentang  siklus  menstruasi, siswamenyelesaikan tugas membuat grafi level hormone dalamsiklus menstruasi.tugas ini diselesaikan secara kelompok. sebelum menyelesaikan tugas ini, terlebih dahulu guru membagi siswa siswa mengetahui hormon-hormon yang bekerja pada saat menstruasi sebagian peserta didik, tugas ini memang agak sulit untuk diselesaikan,  tetapi   hal   tersebut   dapat   diatasi   apabila   siswa   secara   teliti   membaca setiap   tahapan   petunjuk   kerja   yang   diberikan.   Oleh   karena   itu,   guru  sebaiknya   mengingatkan   peserta   didik   agar   menyelesaikan   tugas   ini dengan teliti. Selain itu, guru juga hendaknya mengingatkan siswa agar bekerjasama   dengan   teman   satu   kelompoknya   selama   menyelesaikan
    tugas ini. Kedua hal tersebut juga dapat menunjang ketercapaian KI-2.
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


LK SISWA

         
Pertemuan IX
a.       Kegiatan Pendahuluan
-          Sebelum    mengajarkan      tentang   materi   ini  guru  dapat   mengingatkan peserta    didik   tentang   materi    menstruasi,    yaitu   tentang    mengapa   menstruasi   dapat   terjadi?   Setelah   memberikan   pertanyaan   tersebut,  apabila sel telur yang terdapat pada tuba fallopi  Setelah peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut, guru dapat  menugaskan   peserta   didik   untuk   membaca   Buku   Siswa   pada   bagian   fertilisasi  dan   kehamilan.    Agar   peserta   didik  dapat   dengan    mudah    memahami   materi   tersebut,   guru   dapat   meminta   peserta   didik   untuk mencermati Gambar 1.11 yang terdapat di Buku Siswa tentang skema   proses fertilisasi dan implantasi. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat memahami tentang proses fertilisasi dan implantasi hingga terjadi kehamilan
b.      Kegiatan Inti
-          Selanjutnya, peserta didik mempelajari tentang proses perkembangan janin    selama    masa    kehamilan.    Pada    Buku   Siswa,   materi    tersebut  dipaparkan pada setiap trimester.  Setelah   mempelajari   materi   tersebut   peserta   didik   ditugaskan   untuk    Setelah    menyelesaikan      tugas   ini,  peserta   didik  akan    dapat   dapat  memahami tentang fungsi air ketuban.

c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah





LK SISWA

Pertemuan X
a.      Kegiatan Pendahuluan
-          Sebelum    mengajarkan      tentang   materi   ini  guru  dapat   mengingatkan  peserta    didik   tentang   materi    menstruasi,    yaitu   tentang    mengapa menstruasi   dapat   terjadi?   Setelah   memberikan   pertanyaan   tersebut, apabila sel telur yang terdapat pada tuba fallopi
b.      Kegiatan Inti
-          Setelah peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut, guru dapat   menugaskan   peserta   didik   untuk   membaca   Buku   Siswa   pada   bagian  fertilisasi  dan   kehamilan.    Agar   peserta   didik  dapat   dengan    mudah  memahami   materi   tersebut,   guru   dapat   meminta   peserta   didik   untuk
mencermati Gambar 1.11 yang terdapat di Buku Siswa tentang skema proses fertilisasi dan implantasi. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat memahami tentang proses fertilisasi dan implantasi hingga  terjadi kehamilan  Selanjutnya, peserta didik mempelajari tentang proses perkembangan janin    selama    masa    kehamilan.    Pada    Buku   Siswa,   materi    tersebutdipaparkan pada setiap trimester. Setelah   mempelajari   materi   tersebut   peserta   didik   ditugaskan   untuk Setelah    menyelesaikan      tugas   ini,  peserta   didik  akan    dapat   dapat memahami tentang fungsi air ketuban.
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah

Pertemua XI
a.      Kegiatan Pendahuluan
yang    terdiri  dari  4-5  anak.  Selanjutnya,  setiap  kelompok   diharuskan
 untuk   menyusun   daftar   pertanyaan   yang   akan   ditanyakan   kepada   petugas
 kesehatan. Sebelum peserta didik berangkat menuju pusat-pusat kesehatan,
 guru hendaknya mengingatkan peserta didik agar bersikap sopan dan santun
 ketika melakukan wawancara dengan tugas kesehatan.
   
  
I .Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.Tekhnik penilaian :
      Penilaian kinerja melakukan penelitian
      Penilaian produk
  2.Instrumen Penilaian
     Rubrik




Rubrik penilaian

Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Merumuskan masalah/pertanyaan
Masalah tidak dirumuskan
Perumusan masalah dilakukan dengan bantuan guru
Perumusan masalah dilakukan mandiri atau kelompok
Pengamatan
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Menafsirkan data
Tidak melakukan penafsiran data
Melakukan analisis data namuntidak melakuka upaya mengaitkan antar variabel
Melakukan analisisdan mencoba mengaitkan antar variable yang diselidiki
mengkomunikasikan
Dilakukan secara lisan
Lisan dan tertulis namun tidak disatukan
Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan





 

Rubrik penilaian
Aspek yang dinilai
penilaian
1
2
3
Hasil rumusan masalah
Tidak berupa masalah
Ada, dalam bentuk pernyataan namun mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan yang tidak lengkap
Ada dalam bentuk pertanyaan yang mengarah ke penyelidikan
Hasil pengamatan
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang cermat, lengkap dan aman
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman dan masih mencampurkan data dengan inferensi
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman dan bebas dari inferensi
Hasil analisis/penafsiran
Tidak melakukan analisis penafsiran data (hanya menyajikan data tanpa penafsiran lebih lanjut
Ada hasil analisis data namun tidak melakukan upaya mengaitkan antar variabel
Ada analisis dan mengaitkan antar variabel yang diselidiki



3.Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.
-Remedial
Bagi   Peserta   Didik   yang   belum   mencapai    KKM     diberi  remedial   yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.   Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis,   menemukan       penyebab     kesulitan  belajar   dan  topik-topik    yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana   kegiatan   yang   telah   ditetapkan.   Pelaksanaan   remedial   dilakukan dengan     berbagai   cara,   seperti  memberikan       tambahan     penjelasan    tentang system organisasi kehidupan atau  contoh   terutama   berkaitan   dengan   topik-topik   yang   belum   dikuasai   serta  menggunakan       berbagai   media    dan  strategi.  Misalnya    banyak   melakukan praktik   atau   demonstrasi,   tutor   sebaya,   diskusi   kelompok.   Bimbingan   dari   guru   ke   Peserta   Didik   secara   personal   juga   diperlukan   untuk   mendukung  semangat belajar.
-Pengayaan
Melakukan pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar yang lain seperti media massa, internet, dll

           Mengetahui,
           Kepala SMP N 1 LABUHAN DELI


         Drs. H. Muslim Ginting
         NIP. 196711111998011002
                         
Labuhan deli,                 2017
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam


Nona Faziera Sari, SPd MSi
NIP:197209232005022003









 LK SISWA

 






Pertemuan VI

            a.kegiatan Pendahuluan
            -  Guru mengingatkan kembali tentang materi pembelahan sel, terutama berkaitan  
karakter   atau   sifat   anakan   hasil   pembelahan.   Guru   dapat  melakukan kegiatan
 ini     dengan cara berdiskusi atau dengan mengajukan  beberapa pertanyaan yang
berkaitan      kepada peserta didik.
            b. .kegiatan Inti
- Guru juga dapat mengajukan pertanyaan berikut ini untuk mengawali  materi ini.
Masih    ingatkah kalian di mana terjadi proses pembentukan  sperma?   Nah,   proses   apakah   yang   sebenarnya   terjadi   di   dalam   organ   tersebut sehingga dapat terbentuk sperma?
Seperti  materi  pembelahan    sel,  guru  dapat  memberikan     materi ini  dengan  diskusi  kelas.  Agar  peserta  didik  dapat  dengan  mudah memahami materi spermatogenesis, guru dapat meminta peserta didik  mencermati Gambar 1.5 yang terdapat pada Buku Siswa. Guru  membimbing     peserta  didik  untuk  menyelesaikan   tugas  yang  diminta   untuk   menjelaskan   tujuan   dari   diciptakannya   kepala   sperma yang   meruncing   pada   bagian   depannya.   Selain   itu,   peserta   didik   juga iminta   untuk   menjelaskan   fungsi   bagian   ekor   sperma.   Sebagaimana  tugas sebelumnya, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, maka tugas ini dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
-          orang untuk setiap kelompok. Pada tugas ini, peserta didik diminta untuKAgar peserta didik dapat dengan mudah menyelesaikan tugas ini, hal pertama yang harus dilakukan peserta didik adalah mencermati Ga 1.6  Organ-organ   Penyusun    Sistem  Reproduksi   pada   Perempuan. Organ-organ   Penyusun   Sistem   Reproduksi   pada   Perempuan.   SetelAH pada Gambar 1.6. Agar dapat menunjang ketercapaian KI-2, guru dapat
 dan melengkapi Gambar 1.6 dengan teliti dan cermat. Selain itu, g juga perlu mengingatkan agar peserta didik bekerjasama dengan teman  satu kelompoknya selama menyelesaikan tugas ini. Agar   peserta   didik   juga   memahami   fungsi   dari   masing-masing   organ reproduksi   perempuan,   guru   dapat   menugaskan   peserta   didik   untuk membaca      paparan   materi  tentang  organ-organ   penyusun   sistem  reproduksi   perempuan   yang   terdapat   pada   Buku   Siswa.   Pada   bagian saat   sampai   pada  bagian  tersebut,  hendaknya   guru  memberikan   kaum perempuan. Serta menjelaskan bahwa selaput dara dapat rusak   peserta didik tidak melakukan seks bebas.


c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


           
















LK  SISWA
















Pertemuan VII
a.       Kegiatan pendahuluan
-          Guru      dapat    mengawali         materi     ini  dengan       mengajukan         pertanyaan
Apabila proses pembentukan sperma disebut spermatogenesis,            disebut      dengan      apakah      proses      pembentukan          sel  telur?
b.      Kegiatan Inti
-          Selanjutnya, guru membimbing peserta didik untuk melakukan diskusi   peserta didik dapat dengan mudah memahami materi ini, guru dapat    meminta peserta didik untuk mencermati Gambar 1.8 tentang Proses
-            Berkaitan dengan materi organ reproduksi pada laki-laki dan perempuan,
 spermatogenesis dan oogenesis dapat dibelajarkan di kelas dalam satu kali
 pertemuan.   Hal   ini   dilakukan   apabila   jumlah   tatap   muka   yang   digunakan
 untuk membelajarkan bab ini sangat terbatas. Kegiatan pembelajaran dapat
 dirancang   dengan   membagi   siswa   di   kelas   menjadi   dua   kelompok   besar.
 Kelompok besar pertama mempelajari organ reproduksi pada laki-laki dan
 spermatogenesis,    sedangkan   kelompok    besar  kedua  mempelajari   organ
 reproduksi pada laki-laki dan oogenesis. Agar kerja kelompok lebih efektif,
 guru   dapat  membagi    masing-masing   kelompok   besar  menjadi  beberapa
 kelompok kecil dengan jumlah anggota setiap kelompoknya sebanyak 4 – 5
 peserta didik. Apabila seluruh kelompok telah menyelesaikan masing-masing
 tugasnya, selanjutnya dilakukan persentasi oleh masing-masing perwakilan
 kelompok.      
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


Pertemuan VIII
a.       Kegiatan pendahuluan
-         
Siklus Menstruasi yang terdapat pada Buku Siswa. Agar lebih mudah  untuk memahami penjelasan tentang siklus menstruasi, peserta didik diminta untuk mencermati Gambar 1.9 tentang Siklus yang terjadi pada Dinding Rahim.
c.       Kegiatan Inti
Setelah   peserta  didik  memahami    materi  tentang  siklus  menstruasi, siswamenyelesaikan tugas membuat grafi level hormone dalamsiklus menstruasi.tugas ini diselesaikan secara kelompok. sebelum menyelesaikan tugas ini, terlebih dahulu guru membagi siswa siswa mengetahui hormon-hormon yang bekerja pada saat menstruasi sebagian peserta didik, tugas ini memang agak sulit untuk diselesaikan,  tetapi   hal   tersebut   dapat   diatasi   apabila   siswa   secara   teliti   membaca setiap   tahapan   petunjuk   kerja   yang   diberikan.   Oleh   karena   itu,   guru  sebaiknya   mengingatkan   peserta   didik   agar   menyelesaikan   tugas   ini dengan teliti. Selain itu, guru juga hendaknya mengingatkan siswa agar bekerjasama   dengan   teman   satu   kelompoknya   selama   menyelesaikan
    tugas ini. Kedua hal tersebut juga dapat menunjang ketercapaian KI-2.
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah


LK SISWA

         
Pertemuan IX
a.       Kegiatan Pendahuluan
-          Sebelum    mengajarkan      tentang   materi   ini  guru  dapat   mengingatkan peserta    didik   tentang   materi    menstruasi,    yaitu   tentang    mengapa   menstruasi   dapat   terjadi?   Setelah   memberikan   pertanyaan   tersebut,  apabila sel telur yang terdapat pada tuba fallopi  Setelah peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut, guru dapat  menugaskan   peserta   didik   untuk   membaca   Buku   Siswa   pada   bagian   fertilisasi  dan   kehamilan.    Agar   peserta   didik  dapat   dengan    mudah    memahami   materi   tersebut,   guru   dapat   meminta   peserta   didik   untuk mencermati Gambar 1.11 yang terdapat di Buku Siswa tentang skema   proses fertilisasi dan implantasi. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat memahami tentang proses fertilisasi dan implantasi hingga terjadi kehamilan
b.      Kegiatan Inti
-          Selanjutnya, peserta didik mempelajari tentang proses perkembangan janin    selama    masa    kehamilan.    Pada    Buku   Siswa,   materi    tersebut  dipaparkan pada setiap trimester.  Setelah   mempelajari   materi   tersebut   peserta   didik   ditugaskan   untuk    Setelah    menyelesaikan      tugas   ini,  peserta   didik  akan    dapat   dapat  memahami tentang fungsi air ketuban.

c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah





LK SISWA

Pertemuan X
a.      Kegiatan Pendahuluan
-          Sebelum    mengajarkan      tentang   materi   ini  guru  dapat   mengingatkan  peserta    didik   tentang   materi    menstruasi,    yaitu   tentang    mengapa menstruasi   dapat   terjadi?   Setelah   memberikan   pertanyaan   tersebut, apabila sel telur yang terdapat pada tuba fallopi
b.      Kegiatan Inti
-          Setelah peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut, guru dapat   menugaskan   peserta   didik   untuk   membaca   Buku   Siswa   pada   bagian  fertilisasi  dan   kehamilan.    Agar   peserta   didik  dapat   dengan    mudah  memahami   materi   tersebut,   guru   dapat   meminta   peserta   didik   untuk
mencermati Gambar 1.11 yang terdapat di Buku Siswa tentang skema proses fertilisasi dan implantasi. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat memahami tentang proses fertilisasi dan implantasi hingga  terjadi kehamilan  Selanjutnya, peserta didik mempelajari tentang proses perkembangan janin    selama    masa    kehamilan.    Pada    Buku   Siswa,   materi    tersebutdipaparkan pada setiap trimester. Setelah   mempelajari   materi   tersebut   peserta   didik   ditugaskan   untuk Setelah    menyelesaikan      tugas   ini,  peserta   didik  akan    dapat   dapat memahami tentang fungsi air ketuban.
c. Kegiatan penutup
-          Guru memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa
-          Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari
-          Member tugas rumah

Pertemua XI
a.      Kegiatan Pendahuluan
yang    terdiri  dari  4-5  anak.  Selanjutnya,  setiap  kelompok   diharuskan
 untuk   menyusun   daftar   pertanyaan   yang   akan   ditanyakan   kepada   petugas
 kesehatan. Sebelum peserta didik berangkat menuju pusat-pusat kesehatan,
 guru hendaknya mengingatkan peserta didik agar bersikap sopan dan santun
 ketika melakukan wawancara dengan tugas kesehatan.
   
  
I .Penilaian,Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.Tekhnik penilaian :
      Penilaian kinerja melakukan penelitian
      Penilaian produk
  2.Instrumen Penilaian
     Rubrik




Rubrik penilaian

Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Merumuskan masalah/pertanyaan
Masalah tidak dirumuskan
Perumusan masalah dilakukan dengan bantuan guru
Perumusan masalah dilakukan mandiri atau kelompok
Pengamatan
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
Menafsirkan data
Tidak melakukan penafsiran data
Melakukan analisis data namuntidak melakuka upaya mengaitkan antar variabel
Melakukan analisisdan mencoba mengaitkan antar variable yang diselidiki
mengkomunikasikan
Dilakukan secara lisan
Lisan dan tertulis namun tidak disatukan
Memadukan hasil tertulis sebagai bagian dari penyajian secara lisan





 

Rubrik penilaian
Aspek yang dinilai
penilaian
1
2
3
Hasil rumusan masalah
Tidak berupa masalah
Ada, dalam bentuk pernyataan namun mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan yang tidak lengkap
Ada dalam bentuk pertanyaan yang mengarah ke penyelidikan
Hasil pengamatan
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang cermat, lengkap dan aman
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman dan masih mencampurkan data dengan inferensi
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman dan bebas dari inferensi
Hasil analisis/penafsiran
Tidak melakukan analisis penafsiran data (hanya menyajikan data tanpa penafsiran lebih lanjut
Ada hasil analisis data namun tidak melakukan upaya mengaitkan antar variabel
Ada analisis dan mengaitkan antar variabel yang diselidiki



3.Pembelajaran Remedial dan Pengayaan.
-Remedial
Bagi   Peserta   Didik   yang   belum   mencapai    KKM     diberi  remedial   yaitu  mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.   Setelah melakukan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis,   menemukan       penyebab     kesulitan  belajar   dan  topik-topik    yang  belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial berdasarkan pada  rencana   kegiatan   yang   telah   ditetapkan.   Pelaksanaan   remedial   dilakukan dengan     berbagai   cara,   seperti  memberikan       tambahan     penjelasan    tentang system organisasi kehidupan atau  contoh   terutama   berkaitan   dengan   topik-topik   yang   belum   dikuasai   serta  menggunakan       berbagai   media    dan  strategi.  Misalnya    banyak   melakukan praktik   atau   demonstrasi,   tutor   sebaya,   diskusi   kelompok.   Bimbingan   dari   guru   ke   Peserta   Didik   secara   personal   juga   diperlukan   untuk   mendukung  semangat belajar.
-Pengayaan
Melakukan pengamatan yang lebih banyak dan menantang yang di cari dari sumber belajar yang lain seperti media massa, internet, dll

           Mengetahui,
           Kepala SMP N 1 LABUHAN DELI


         Drs. H. Muslim Ginting
         NIP. 196711111998011002
                         
Labuhan deli,                 2017
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam


Nona Faziera Sari, SPd MSi
NIP:197209232005022003









 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016

Sekolah                                    :  SMPN 1 LABUHAN DELI
Mata pelajaran             :  IPA TERPADU
Kelas/Semester                        :   IX/ Ganjil
Materi  Pokok              :   SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN DAN HEWAN
Alokasi Waktu                         : 

A.Kompetensi Inti
KI-3                             : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dalam
ranah konkret  dan prosedural) berdasarkan rasa  ingin tahunya tentang      ilmu   pengetahuan, teknologi, seni, budaya  terkait fenomena dan kejadian    tampak mata                                      
KI-4                              :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah  konkret   (menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi dan  membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KETERCAPAIAN
3.2  Memahami reproduksi pada    tumbuhan   dan   hewan,   sifat   keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup.
3.2.1 Menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan
3.2.2 Menjelaskan reproduksi seksual pada tumbuhan.
3.2.3.Mengidentifikasi Bagian Tumbuhan Yang Berperan Dalam Reproduksi Aseksual.
3.2.4.Menyebutkan macam reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.5.Menjelaskan   perbedaan   reproduksi   seksual   dan reproduksi   aseksual pada tumbuhan.
3.2.6.Menjelaskan proses penyerbukan.
3.2.7.Menyebutkan macam-macam perantara penyerbukan.
3.2.8 .Menjelaskan proses pembuahan.
3.2.9. Menjelaskan proses penyebaran biji.
3.2.10.Menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap perkecambahan.
3.2.11.Menyebutkan macam teknologi reproduksi pada tumbuhan.
3.2.12.Menyebutkan macam reproduksi aseksual pada hewan.
3.2.13.Memprediksi regenerasi dari Planaria.
3.2.14.Menjelaskan penggolongan hewan berdasarkan perkembangan embrio pada reproduksi seksual.
3.2.15.Membedakan         metamorfosis     sempurna     dan   metamorfosis     tidak sempurna.
3.2.16.Menjelaskan teknologi reproduksi pada hewan.
3.2.17. Menjelaskan proses adaptasi pada makhluk hidup.
3.2.18.Menjelaskan proses seleksi alam pada makhluk hidup.
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan.
4.1.1. Menyajikan     laporan  hasil  studi  tentang  Proses adaptasi pada mahkluk hidup
4.1.2. Membuat poster tentang seleksi alam





Share this article :

Plaas 'n opmerking